Rabu, 09 September 2009

Compiere

--> Compiere adalah sebuah ERP dan solusi bisnis CRM sumber terbuka untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam bidang distribusi dan jasa. Di bangun dengan menggunakan Java J2EE, membuat Compiere dapat di jalankan pada berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix, dll.


--> Compiere bisa diakses secara remote maupun Web (masih versi beta). Meskipun cukup rumit pada awalnya, namun karena komunitasnya cukup besar (di indonesia bisa joint di milis indocompiere@ yahoogroups. com), sehingga dukungan support dari komunitas cukup kuat. Secara umum fituranya cukup lengkap, hanya saja untuk CRM dan Manufacturing masih sangat terbatas.

--> Compiere dirancang untuk industri yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Terdapat fungsi dasar dari Material Management, serta Manufacturing Planning meskipun dalam skala terbatas. Tidak adanya fungsi manufaktur seperti Shopfloor kontrol dan Full MRP, membuat Compiere tidak begitu sesuai untuk diterapkan pada jenis usaha manufaktur yang ingin menerapkan fitur produksi secara penuh.


--> ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh compiere yang tidak dimiliki oleh sistem ERP lainnya, diantaranya yaitu :

1. Benar benar Terintegrasi, --> artinya semua data (ERP, CRM, Akuntansi,dll.) di picu dari transaksi yang sama. Tidak diperlukan migrasi, penggabungan atau trasformasi data. misalnya: User yang memasukkan data keuangan tidak perlu takut tentang informasi yang perlu di masukkan untuk modul lainnya, mis: CRM, karena informasi-informasi tersebut secara otomatis akan terintegrasi.

2. Rich and Reach – Rich (fully-featured) --> mengacu pada sistem Client/Server interface yang memiliki semua fitur yang diperlukan. Reach (jangkauan) mengacu kepada web interface dimana data dapat diakses tanpa harus memerlukan program khusus dari sisi Client.

3. Global Market, --> berfungsi dengan bahasa, mata uang, dan metode akuntansi yang berbeda.

4. Smart User Interface, --> hampir semua tampilan antar-muka dikembangkan dalam format yang mengijinkan penerapan akses yang sangat personal dan memberikan user hanya apa yang diperlukan. Dalam hal ini, Compiere benar benar memperhitungkan fakta bahwa beda pengguna akan memiliki kebutuhan yang berbeda pula.

5. Implementasi Cepat, --> dengan asumsi tanpa memerlukan proses pengambilan keputusan yang panjang, yang umumnya terjadi karena masalah perhitungan biaya dan investasi (serta kerugiannya apabila sistem ternyata gagal).
Mengurangi resiko kerugian



Ø --> Berikut adalah beberapa fungsional yang terdapat pada Compiere ERP&CRM:
· fully integrated ERP and CRM solutions
· both front-office (POS, Web Store) and back-office functionality
· inventory management
· automated accounting
· professional services solution
· managed distribution networks
· streamlined order processing

0 komentar:

Posting Komentar