Jumat, 11 September 2009

Penerapan ERP


Berikut ini adalah ringkasan poin-poin yg bisa digunakan sebagai pedoman pada saat implementasi ERP:
* ERP adalah bagian dari infrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan terpengaruh oleh adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan.
* ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP adalah untuk meningkatkan daya saing perusahaan.
* Pelajari kesuksesan dan kegagalan implementasi ERP, jangan berusaha membuat sendiri praktek implementasi ERP. Ada metodologi tertentu untuk implementasi ERP yang lebih terjamin keberhasilannya

2 komentar:

wibi mengatakan...

halo yusi,,,dalam penerepan ERP di sebuah perusahaan perubahan apa yg biasany terjadi di perushaan tersebut apakah terjadi di softwareny atau proses bisnisny atau juga terjadi kedua-duany ??? berikan contoh untuk perubahan di software dan proses bisnisny...
sorry klo kebanyakan...^_^

chi_she mengatakan...

@ hallo jg wibi :
Gini lho bi,..
Dalam implementasi yang mempergunakan ERP di sebuah perusahaan, pasti ada suatu perubahan & perkembangan yang ada di perusahaan tersebut. Perubahan & perkembangan yang terjadi, yaitu : adanya pengaruh yang besar terhadap suatu proses bisnis yang ada di perusahaan tersebut, dan membentuk suatu sistem yang terintegrasi dengan dibuatnya software-software yang sangat membantu untuk menjalankan & mengerjakan suatu proses bisnis yang ada di sebuah perusahaan. Misalnya,.. Sistem yang dibangun akan :

- Mempercepat suatu proses bisnis, misalnya dalam proses order barang dalam mulai proses pemesanan barang hingga distribusi barang untuk membantu meningkatkan penjualan, proses untuk mengintegrasikan data keuangan, sehingga atasan dapat mengontrol keuangan yg keluar dan masuk di perusahaan dengan mudah & lebih efisien. Juga membantu dalam proses akuntansi.
- Membantu dalam proses management di suatu perusahaan
- Meningkatkan keakuratan informasi.
- Untuk pengembangan softwarenya, software akan berkembang dan saling berintegrasi apabila dibuat sesuai dengan perencanaan yang matang, dan juga berdasarkan konsep-konsep yang telah ditentukan sebelumnya (step by step).

Intinya,..Sistem-sistem yang dibangun menggunakan software yang baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sehingga juga membantu dalam pengerjaan tiap-tiap bisnis prosesnya. Selebihnya,km lihat aja blog aq ttg kelebihan & keunggulan ERP! Ok bi??!!

Posting Komentar