Sabtu, 12 September 2009

Penyebab Kegagalan Implementasi ERP

  Beberapa faktor penyebab kegagalan implementasi ERP adalah : 

1. Manajemen perubahan dan training.
Biasanya kesulitan terbesar terletak pada perubahan praktek pekerjaan yang harus dilakukan.Disamping itu training yang melibatkan banyak modul seharusnya dilaksanakan seawal mungkin.

2. Perencanaan yang buruk.

Perencanaan harus mencakup beberapa area seperti hal-hal bisnis dan ketersediaan user untuk membuat keputusan pada konfigurasi sistem.

3. Meremehkan keahlian IT.
Implementasi ERP membutuhkan keahlian staff ditingkatkan dengan baik.

4. Manajemen proyek yang buruk.
Hanya sedikit organisasi yang mengimplementasi ERP tanpa melibatkan konsultan. Namun sering kali konsultan melakukan perbuatan yang merugikan kliennya dengan tidak membagi tanggung jawab.

5. Percobaan-percobaan teknologi.
Usaha-usaha untuk membangun interface, merubah laporan-laporan, menyesuaikan software dan merubah data biasanya diremehkan.

6. Rendahnya keterlibatan Eksekutif.
Implementasi membutuhkan keterlibatan eksekutif senior untuk memastikan adaya partisipasi yang terdiri dari bisnis dan IT dan membantu penyelesaian konflik-konflik.

7.  Meremehkan sumber daya.

Sebagian besar budget melebihi target terutama untuk manajemen perubahan dan training user, pengujian integrasi, proses-proses pengerjaan ulang, kustomisasi laporan dan biaya konsultan.

8.Evaluasi software yang tidak mencukupi.
Organisasi biasanya tidak cukup memahami apa dan bagaimana software ERP bekerja sampai mereka sepakat untuk membeli.



* Usaha-Usaha Mengatasi Kendala Implementasi ERP :


Untuk mengatasi kendala tersebut, ada beberapa hal yang telah dilakukan
1. Implementasi Change Acceleration Project (CAP) untuk mengelola perubahan-perubahan yang terjadi dalam implementasi ERP.

2. Pendekatan dengan user sebelum penerapan sistem ERP melalui presentasi-presentasi untuk menunjukkan kelebihan-kelebihan implementasi sistem tersebut & melibatkan eksekutif dalam menyelesaikan project yang sedang dijalankan.

3. Pengembangan Sistem Recovery dalam Implementasi ERP.  Merencanakan pembentukkan / pengembangan project harus dengan perencanaan yang matang.

5 komentar:

Tivanisa Dara mengatakan...

Yusi,,,,,Va sempat baca dlm blo ini mengenai kegagalan dalam implementasi ERP yaitu perencanaan yg buruk.
Dalam Hal ini memang siapa yang merencanakan implementasi ERP tersebut???????????

chi_she mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
chi_she mengatakan...

Gini lho va,.ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kegagalan dalam pengimplementasian ERP,salah satunya yaitu kurangnya perencanaan yang baik,..sehingga hasil yang di dapat tidak sesuai dengan keinginan user!!

Sepengetahuanq si va, Perencanaan dalam pengimplementasian ERP itu dilakukan oleh si perusahaan itu sendiri,yang ingin mengimplementasikan ERP di dalam sistemnya, jadi perencanaan seperti anggaran estimasi biaya, konsep, cara kerja, dll kurang matang!! Gitu lho.....

Anonim mengatakan...

yusi apa sih change acceleration project(CAP)itu.
tolong dong jelasin dikit...

Ari Kurniawan Putra mengatakan...

Perusahaan dalam industri apa yang bisa menerapkan ERP?

Posting Komentar